Selasa, 29 Desember 2009

AMBISI INDIA

INDIA merupakan negara dengan populasi ke-2 terbesar di dunia. Tahun 2009 ekonomi India tumbuh lebih dari 6% (ke 2 tertinggi setelah China lalu diikuti oleh Indonesia di 4.4%). India berambisi untuk menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia di tahun 2025. India akan menggeser posisi Jepang yang kini posisinya telah tergeser oleh China sebagai negara ke-2 terbesar skala ekonominya di dunia.

German di saat Perang Dunia II mengalami kehancuran, akan tetapi dalam 15 tahun telah berkembang menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar dibawah AS, Jepang dan China. German menguasai semua teknologi tinggi seperti: penghasil mobil terbaik di dunia, mesin perang, obat2an, dan barang2 berkualitas lainnya. Demikian juga dengan Jepang yang mengalami kekalahan di Perang Dunia II.

Kelebihan India :

Dunia percaya India memiliki kualitas SDM (Sumber daya manusia) no 1. Dimana di Mumbai memiliki 30 juta SDM, Calcuta 30 juta SDM, dan Delhi 18 juta SDM. SDM di 3 kota itu saja jumlahnya sama dengan total penduduk Australia.

Sekolah di Indiapun sangat mudah dan murah. Biaya untuk sekolah Tingkat S1 memerlukan kurang dari IDR 2 juta, untuk S2 tidak sampai IDR 4 juta dan untuk S3 tidak mencapai IDR 6 juta. Tidak ada biaya sekolah semurah ini di dunia terutama dengan mutu dan kualitas yang sangat tinggi.

Dengan kualitas sebaik ini maka India dengan sangat mudah dapat membuat kapal perang mutakhir, kapal penumpang dan pesawat terbang. Pembuatan sepeda motor, mobil, truk, kereta api, mesin2 presisi, traktor, komputer, jam tangan dsb dalam sekejap dan dengan mudah dapat mereka buat.

Putra putri India mampu menghasilkan sendiri 90% barang kebutuhan warga India. Bahkan China yang demikian perkasa dengan produk domestiknya-pun tidak secemerlang India. Selain itu warga India juga sangat mencintai produk buatan dalam negeri mereka sendiri.

India berada di barisan terdepan untuk teknologi tinggi. Dunia mengakui ahli2 India yang sangat berkelas ini. Negara2 Eropa, Asia dan Amerika memanfaatkan kemampuan ahli India ini untuk menopang negara mereka.

Meski kini ada 10 orang India yang masuk dalam daftar 50 orang terkaya dunia, Pemerintah dan rakyat India sangat sederhana. Di India tidak tercium aroma dan sinar kemewahan. Mobil yang lalu lalang di jalan umumnya mobil sederhana. Perdana Mentri dan Mentri2 India menggunakan mobil Ambassador yang harganya berkisar IDR 80 – 105 juta. Mobil sekelas Mercedes, Lexus dan BMW sesekali tampak di jalan namun dapat dihitung dengan jari sedangkan Mobil2 luxury seperti Limo dan Rolls Royce baru keluar dari kandangnya hanya bila ada tamu negara yang berkunjung dan mobil mewah itu hanya digunakan oleh para tamu negara. Pejabat India tetap menggunakan mobil Ambassador mereka.

Warga India adalah pekerja keras dan tahan banting mirip dengan karakter orang2 Cina daratan.

Namun India juga masih memiliki kendala dimana 60% atau sekitar 720 juta rakyatnya masih hidup pada garis kemiskinan.


Sumber : Kompas

Tidak ada komentar: